Home

Minggu, 13 Maret 2011

ALASAN ORANG TIONGKOK KUNO MEMAKAI GIOK

Orang-orang di masa lalu memakai ornamen batu giok. Biasanya mereka tidak akan pernah memakai baju tanpa batu giok. Dalam bab Yuzao dari Liji, Kitab Etiket, Konfusius berkata, "keindahan giok mirip dengan keutamaan bangsawan."

Dalam teks-teks medis Tiongkok kuno, Shennong Bencao Jing, dan Ben Cao Gang Mu, giok dikatakan berfungsi dalam "menghilangkan peradangan bagian dalam, melepaskan kegelisahan, memelihara jantung dan paru-paru, membantu suara dan tenggorokan, pelembab rambut, memelihara lima organ internal, menenangkan jiwa, menenangkan pembuluh darah seseorang, dan mencerahkan  telinga dan mata. "

Semua orang yang berpartisipasi dalam the New Tang Dynasty Han Couture Design Competition merancang busana yang dihiasi dengan aksesoris dari batu giok. Menurut nona  Fan Hong, salah satu hakim panel kompetisi, Tiongkok kuno selalu memakai aksesoris giok untuk mengingatkan diri untuk mencontoh nilai-nilai moral dari batu giok.

Perancang busana Cheng Minghua, yang memenangkan penghargaan untuk desain Han Counture menyatakan bahwa orang-orang China kuno biasanya memakai sepotong batu giok pada pakaian mereka yang lebih rendah, yang disebut "giok pada ikat pinggang". Hung dari ikat pinggang terselip di pinggang itu berfungsi  sebagai hiasan sekaligus untuk membantu pakain terlindung dari tertiup angin, dan menjaga keanggunan.

sb : yinnihuaren.blogspot.com

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar