Home

Sabtu, 12 Maret 2011

BAHAYA MINUMAN ENERGI BAGI REMAJA DAN ANAK-ANAK

Minuman energi seperti Red Bull tidak jauh beda dengan alkohol, tembakau dan obat-obatan, menurut peringatan para dokter.

Sebuah penlitian menyatakan minuman tinggi kafein dapat menyebabkan kejang-kejang, stroke, bahkan kematian mandadak pada anak-anak, remaja dan mereka yang mengidap diabetes atau perilaku paling beresiko.

Para peneliti menemukan beberapa minuman yang mengklaim untuk meningkatkan energi, berisi kandungan kafein tiga hingga lima kali lipat dari seperdelapan ons minuman beruap.

Mereka mengatakan minuman energi, seringkali dikonsumsi oleh kalangan remaja yang ditargetkan dalam kampanye pemasaran dengan meningkatkan efek kafein dan harus diatur secara ketat.

Dokter mengatakan bahwa anak muda tidak boleh terus menerus mengkonsumsi minuman energi, seperti Red Bull.

"Minuman energi tidak memiliki manfaat terapeutik dan banyak bahan-bahannyan berada di bawah penelitian serta tidak teratur," ujar Dr. Steven Lipshultz, dari Fak. Kedokteran University of Miami, yang memimpin penelitian ini.

"Penyedia layanan kesehatan semestinya memberikan pengarahan kepada keluarga dan anak-anak yang beresiko."

"Banyak remaja tidak menyadari kombinasi yang terkandung di dalam minuman tersebut berdampak serius bahkan mematikan."

Para peneliti mengatakan, kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Walaupun minuman energi mengandung kafein dalam jumlah sama dengan yang terdapat dalam beberapa cangkir kopi, Dr. Lipshultz mengatakan, mereka mengkonsumsinya dengan cara berbeda dan lebih cepat.

"Mereka menenggaknya beberapa kali setelah aktivitas fisik."

 "Menelan kopi panas beberapa cangkir tidak dapat dilakukan dengan cepat."

Laporan ini menindaklanjuti langkah-langkah keras terhadap minuman energi di Amerika Serikat, seperti Four Loko yang telah dilarang peredarannya di beberapa negara bagian karena kandungan kafeinnya yang sangat tinggi.

Namun produsen Red Bull—yang memiliki slogan 'it gives you wings'—menolak laporan ini.

Seorang juru bicaranya mengatakan itu hanya memikat materil dari internet, dan sebagian besar telah mengabaikan kesimpulan pemeriksaan sebenarnya. Pemeriksaan ilmiah telah dilakukan secara ketat oleh pihak-pihak berwenang dari pemerintah.

sb : yinnihuaren

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar