Home

Selasa, 11 Januari 2011

Berapakah Jumlah Hanzi Sebenarnya?

Berapakah Jumlah Hanzi Sebenarnya?



Hanzi adalah tulisan berbasis morfem, jumlah huruf totalnya sangatlah besar. Hanzi total ada berapa huruf? Sampai sekarang, belum ada orang yang bisa menjawabnya dengan bilangan yang pasti. Mengenai jumlah Hanzi, melalui buku-buku kuno mengenai kumpulan huruf dan catatan kamus kata, dapat dilihat perkembangannya.
Buku pada masa dinasti Qin, Cangjie, Boxue, Yuanli, semuanya mencatat 3300 huruf. Buku tulisan Yang Xiong pada dinasti Han, Xun Zuan Pian, mencatat 5340 huruf. Sampai kepada tulisan Xu Shen, Shuo Wen Jie Zi, tercatat 9353 huruf. Setelah dinasti Jin dan Song, tulisan juga semakin kaya. Menurut tulisan Feng Yan pada dinasti Tang, Wen Jian Ji – Wen Zi Pian, tercatat buku karya Lǚ Chén dari dinasti Jin, Zi Lin, terkumpul 12824 huruf. Belakangan Yang Chengqing menulis Zi Pian, mencatat 22561 huruf. Sampai dinasti Song, Sima Guang menulis Lei Pian, mencatat 31319 huruf. Sampai dinasti Qing, Kang Xi Zi Dian, mencatat 47000 lebih huruf. Di tahun 1915, Ouyang Bocun dan kawan-kawan menyusun Zhonghua Da Zidian, di dalamnya ada 48000 lebih huruf. Tahun 1959, seorang Jepang, Morohashi Tetsuji, menyusun Da Han he Ci Dian, terkumpul 49964 huruf. Di tahun 1971, kamus tulisan Zhang Qiyun, Zhongwen Da Cidian, terdiri dari 49888 huruf.
Seiring dengan perkembangan zaman, huruf yang tercatat di dalam kamus makin lama makin banyak. Tahun 1990, kamus karangan Xu Zhongshu, Hanyu Da Zidian, mencatat 54678 huruf. Tahun 1994, Zhonghua Zi Hai, tulisan Leng Yulong dan kawan-kawan, mencatat jumlah yang lebih mengejutkan, mencapai 85000 huruf.
Jika belajar dan menggunakan Hanzi benar-benar harus menguasai tujuh sampai delapan puluh ribu huruf, maka Hanzi akan menjadi tulisan di dunia yang tidak akan ada orang mau mempelajarinya. Untunglah huruf-huruf di dalam Zhonghua Zi Hai sebagian besar adalah “huruf yang mati”, yaitu huruf yang pernah ada di dalam sejarah, namun hari ini sudah tidak terpakai.
Ada orang menghitung huruf-huruf di dalam 13 buku kuno, seperti Yi Jing, Shang Shu, Zuo Zhuan, Gong Yang Zhuan, Lun Yu, Meng Zi dan lain-lain, total huruf di dalamnya ada 589283 huruf, di antaranya huruf tunggal yang berbeda hanya berjumlah 6544 buah. Maka, pada kenyataannya orang di dalam kehidupan sehari-hari hanyalah menggunakan enam sampai tujuh ribu Hanzi saja.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar