Home

Sabtu, 22 Januari 2011

Buat yang suka mikir kalau tua nanti gimana???


Buat yang suka mikir kalau tua nanti gimana???
Nov 10, 2010
.
Sebelum mulai sama topik yang satu ini nih, kita cuma mau ngingetin nih kalo pembahasan yang kali ini kayaknya agak-agak berat dan perlu dibaca dengan seksama dan sedikit terlalu cepat untuk dipikirkan tapi sebetulnya sih bener juga dan boleh juga sih mikirnya kalau kita udah mikirin tentang ini.
Betul, kita bakal sedikit ngebahas tentang dana pensiun. Yup, sedikit berat tapi dipikir-pikir sih keren juga…yoi..iyalah bayangin aja diumur kita yang sekarang ini kita udah mulai mikirin nanti kita kalau udah tua tuh harus punya uang berapa ya supaya udah bisa santai asik gitu?
Nah ini nih kali ini narasumber kita yang terpercaya ini bakal sharing informasi yang mungkin bisa berguna buat kalian. Oh iya sebelumnya kita juga mau sedikit mengenalkan narasumber kita yang satu ini, karena pasti kalian semua pengen tau kan sumber informasi tulisan ini datangnya dari mana.
Perkenalkan ini adalah Benny Raharjo atau yang biasa kita panggil Mas Ajo.Dia adalah planning director dari Quantum Magna Financial. Wooh serius kan orangnya? Yoi bukannya kita promosi tapi kita sendiri juga lumayan seneng bisa ketemu orang ini dan yang lebih d best lagi kita dapet info2 ini secara gratis…hehehhhe…jadi tenang kita belum sesotoy itu kok untung ngomongin soal ini hehehe
Selamat membaca! :)
Sudahkah teman-teman semua menyiapkan dana pensiun? Mungkin akan ada yang bilang “Pensiun??? Ah masih jauh..jalanin aja dulu hidup sekarang…, pusing amat mikirin pensiun”
It’s okay, tapi izinkan saya mengajak teman-teman semua untuk masuk lorong waktu ke masa pensiun nanti, gak bermaksud nakut-nakutin tapi sekedar mau mengajak melihat proyeksi masa depan.
Kita ambil contoh, ada seorang pegawai bernama Rani yang berusia 25 tahun dan sedang pada awal karirnya. Dalam sebulan untuk biaya hidupnya, ia rata-rata menghabiskan uang sebesar Rp 3 juta.  Rani berkeinginan untuk pensiun pada usia 55 tahun, berarti ada waktu 30 tahun untuk Rani bekerja mengumpulkan rupiah demi rupiah sebelum ia pensiun, yang besar kemungkinan akan selama 20 tahun, karena keluarganya rata-rata meninggal pada usia 75 tahun.

Pada saat pensiun nanti, bila inflasi (again!) Indonesia rata-rata 10% per tahun, maka biaya hidup Rina yang sebesar Rp 3 juta tersebut akan menjadi Rp 52,3 juta per bulan. Dengan demikian apabila Rina ingin pensiun dengan gaya hidup seperti sekarang yang sebesar Rp 3 juta per bulan selama 20 tahun maka minimal ia harus memiliki simpanan sebesar Rp 10,5 milyar.
Untuk mencapainya apabila Rani melakukannya melalui tabungan biasa yang memberikan return 3% per tahun, maka ia harus menyisihkan uangnya sebesar Rp 18 juta per bulan. Tapi kalau ia melakukannya dengan cara investasi di produk yang memberikan return 20% per tahun ia cukup sebulan menyisihkan kurang lebih Rp 452 ribu.
“Tapi, saya masih banyak kebutuhan…” kata Rani..”Gaji gue cuma segitu-gitunya, susah nih nyisihin 450 ribu, nanti-nanti aja deh kalo udah naek gaji..”
It’s Okay juga, tapi tiap pilihan ada konsekuensinya lho…
Coba kita lihat tabel di bawah ini:

Jika si Rani mulai investasi sekarang dengan menyisihkan sebesar Rp 500 ribu per bulan di produk investasi yang menghasilkan return 20% per tahun maka pada usia 55 tahun nanti dia akan memiliki uang sebesar Rp 11,49 milyar.
Tapi bila ia baru mau memulainya di usia 30 tahun, walaupun nilainya dilipat duakan menjadi Rp 1 juta per bulan, maka pada usia 55 tahun nanti dia baru memiliki uang Rp 8,48 milyar, sehingga konsekuensinya pada saat pensiun nanti dia harus menurunkan gaya hidup atau mempertahankan gaya hidup tetapi uangnya akan habis sebelum usia 75 tahun.
So, tunggu apa lagi Ran..? Tik..tok..tik..tok….
P.S: btw ada sedikit info nih katanya narasumber kita bersedia memberikan workshop secara cuma-cuma tentang money management buat anak muda gituuuu…jadi kalau kalian berminat silahkan menghubungi redaksi kita dan kasih tau alasannya  kenapa kalian pengen ikut workshop ini. Lumayan banget kan buat membuka wawasan..tanpa dipungut biaya lagi ( itu yang paling penting hehehe) jadi silahkan buat yang berminat jangan ragu-ragu menghubungi kita ..:)

malesbanget.com

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar