Home

Sabtu, 22 Januari 2011

LIMA MAKHLUK KEBERUNTUNGAN DALAM BUDAYA CHINA

Cari tahu apa arti simbolis dari beberapa binatang dari Legenda China berikut ini.

1. Pi Xiu


Pi Xiu juga disebut Bi Xie, yang berarti menangkal kejahatan, di bagian utara China. Ia merupakan salah satu binatang keberuntungan dalam budaya China. Ada beberapa macam dari jenis ini. Yang bertanduk satu disebut Tian Lu, dan yang bertanduk dua dikenal sebagai Bi Xie. Ia memiliki sayap pendek, ekor keriting, bulu tengkuk dan jenggot. Pi Xiu dianggap sebagai binatang keberuntungan karena semakin lebar membuka mulutnya semakin banyak uang yang ia dapat.

Semakin bulat perutnya, semakin banyak uang yang dikandungnya. Orang-orang menyukai Pi Xiu karena menandakan keistimewaan yang menonjol yaitu mempunyai mulut tetapi tidak ada organ pelepasan. Ia melambangkan tabungan, tetapi tidak menghabiskan uang. Orang sangat ingin seperti Pi Xiu, tidak menghabiskan banyak uang, atau tanpa henti mengejar kemujuran atau keberuntungan.



Pi Xiu umumnya dianggap mewakili pertukaran mata uang asing, saham, keuangan, balap kuda, masa depan, dan jenis-jenis saluran lainnya yang menghasilkan uang yang diatur oleh keberuntungan. Oleh karena itu, mereka yang berdagang akan menempatkan patung Pi Xiu di perusahaan atau tempat kerja di mana bisnisnya beroperasi. Namun, Pi Xiu tidak berlaku bagi siapa pun yang melanggar hukum atau melakukan kejahatan, karena merupakan makhluk spiritual.

2. Naga

Naga melambangkan hirarki rakyat China sejak zaman kuno, menyiratkan tumpuan bagi seorang kaisar. Legenda mengatakan bahwa sang Naga melahirkan sembilan anak: Anak sulung Qiu Niu menggemari musik, putra kedua Yai Zi suka membunuh, anak ketiga Chao Feng suka mengambil risiko, anak keempat Ba Xia suka menanggung beban berat, anak kelima Han Bi suka peradilan dan keadilan, anak keenam Chi Wen suka melahap, anak ketujuh Tie Tao suka makan, anak kedelapan Ni Jin suka kembang api dan anak kesembilan Lao Pu menyukai dering dan gema. Di antara mereka, penampilan fisik anak keempat berupa kura-kura dengan kepala mirip naga dan disebut kura-kura naga oleh rakyat.

Konon sang Dewi Nu Wa menopang langit runtuh dengan anggota badan Ba Xia. Karena kura-kura naga gemar menanggung beban berat, konon ia digunakan untuk menangkal bencana dan malapetaka bagi rakyat, menjaga tempat tinggal, dan membuat rumah berkembang, agar orang-orang diberkati nasib baik dan kebahagiaan. Naga dikaitkan dengan jenis kelamin laki-laki dan merupakan makhluk keberuntungan paling terhormat dalam pikiran orang-orang China. Ia juga berfungsi sebagai simbol ketahanan, kekuatan, keunggulan dan pengaturan kekayaan.

3. Phoenix

Phoenix adalah "Raja Burung" dan juga burung keberuntungan paling terkenal dalam China Kuno. Bentuk asli dari ayam dalam 12 binatang horoskop China adalah Phoenix. Mulanya Phoenix, juga dikenal sebagai Sun Bird atau Phoenix dalam Api, dikaitkan dengan maskulin sedangkan Naga dikaitkan dengan feminin, mewakili makhluk-makhluk perairan.

Namun semasa Dinasti Han, Kaisar Liu Bang secara pribadi mengklaim bahwa ia dilahirkan sebagai transformasi dari naga putih. Karena kaisar tersebut merupakan Putra Langit yang sebenarnya, Naga kemudian beralih peran menjadi Phoenix, dan berubah dari berkaitan dengan jenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki.

Phoenix kemudian mengadopsi kualitas feminin dan menjadi simbol bagi permaisuri. Selama ribuan tahun, Phoenix melambangkan kecantikan, keberuntungan, kebaikan, ketenangan, kebajikan, alam, serta mengarah pada Kemahakuasaan Tuhan dan menganjurkan kultivasi umat manusia, membawa perdamaian dan kecerahan. Hal ini kadang-kadang digunakan sebagai metafora untuk menyatakan cinta setia antara suami istri, atau orang-orang yang diberkati pernikahan yang bahagia.

4. Kura-Kura

China sangat meyakini bahwa banyak rahasia langit dan bumi tersembunyi pada Kura-kura, karena pola yang rumit dan garis-garis pada cangkangnya. Oleh karena itu, Kura-kura telah menjadi makhluk misteri dan kultivasi budaya berlimpah.

Ia juga melambangkan umur panjang, karena umurnya yang sangat panjang. Biasanya orang menggunakan metafora "umur kura-kura" atau "umur bangau" untuk mengungkapkan bahwa seseorang akan hidup sepanjang umur kura-kura dan bangau. Sejak zaman dahulu, orang-orang percaya bahwa Kura-kura dapat membawa rasa keberuntungan, dan telah menjadi makhluk spiritual, bak peramal.

Menempatkan kura-kura yang terbuat dari batu giok di dalam rumah dapat mendamaikan Yin dan Yang, mengatur medan magnet alami, dan bertindak sebagai suplemen pengumpul keberuntungan. Sebuah kura-kura terbuat dari batu giok dapat juga berfungsi untuk menjaga tempat tinggal, untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan.

5. Qi Lin

Laki-laki disebut Qi dan perempuan adalah Lin. Figur khasnya adalah kepala naga, tanduk rusa, kuku kuda, ekor lembu, dahi serigala dan tubuhnya ditutupi dengan sisik dan kerang yang berwarna-warni. Legenda mengatakan bahwa di mana pun Qi Lin masuk akan membawa keberuntungan.

Dengan demikian mewakili "nasib baik". Dalam kebudayaan China tradisional, ia adalah simbol keberuntungan dan dinyatakan bahwa "Qi Lin mendatangkan masa kemakmuran". Orang percaya bahwa Qi Lin dianggap sebagai makhluk keberuntungan yang dapat menjauhkan kemalangan, menghalau kejahatan, menjaga tempat tinggal, serta mendatangkan keberuntungan dan promosi.

Qi Lin digunakan dalam berbagai peristiwa untuk simbol penghargaan, persahabatan, berkah, kebajikan dan kompetensi tinggi.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar