Home

Selasa, 13 Desember 2011

Sangat berbahaya, Penumpang tanpa tiket di kapal ferry penumpang


Banyak para penumpang kapal ferry jurusan Bagansiapiapi ke Pulau Halang ke Kubu maupun ke Penipahan atau rute sebaliknya yang tidak memiliki tiket resmi. Hal ini sangat memprihatinkan dan berbahaya terhadap keselamatan jiwa. Pasalnya, selain tidak adanya asuransi terhadap keselamatan jiwa mereka juga tidak terkendalinya muatan terhadap kapasitas kapal penumpang tersebut. Demikian diungkapkan oleh Supriyanto (33) ketika ditemui KABARROHIL, Selasa (13/12).


“Penumpang yang naik illegal dari pelabuhan dan dermaga pribadi ke kapal penumpang tidak terawasi oleh pihak yang berkewenangan. Jika hal sedemikian dibiarkan dan sering dilakukan oleh pihak pengusaha kapal angkutan penumpang transport laut maka siapa nantinya yang bertanggung jawab terhadap keselamatan penumpang jika terjadi musibah kecelakaan dilaut yang menyebabkan korban jiwa,”tuturnya.

Oleh sebab itu diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan senantiasa mengawasi naik turunnya penumpang dari dan ke kapal ferry penumpang tersebut. Karena kapal ferry pengangkut penumpang mempunyai kapasitas angkut penumpang dan sesuai jumlah pelampung atau life jacket yang tersedia. Ditambahkannya alangkah baiknya petugas selalu ikut serta dalam pelayaran di kapal ferry tersebut.


Sedangkan anggota DPRD Rohil, Abu Khoiri ketika ditemui mengatakan agar pihak syahbandar benar-benar menjalankan tupoksinya sehingga keselamatan jiwa para penumpang dapat terjamin. Dia juga mengharapkan kepada syahbandar agar penumpang yang diberangkatkan dari Pulau Halang ke Bagansiapiapi, Panipahan ke Bagansiapiapi maupun Kubu ke Bagansiapiapi atau sebaliknya terdaftar di manifest daftar penumpang.

“Kita harapkan syahbandar melaksanakan tugas dan fungsinya agar keselamatan penumpang dapat terjamin,”katanya.


Sedangkan pihak syahbandar Bagansiapiapi, Alfian ketika ditemui KABARROHIL di kantor Syahbandar jalan Syahbandar Bagansiapiapi, Selasa (13/12) menegaskan sangat berterima kasih atas informasi yang diberikan. Dirinya akan mencari solusi permasalahan tersebut. Kemudian lanjutnya akan mengusulkan kepada Pemkab Rohil dan DPRD Rohil untuk membangun pelabuhan khusus penumpang.

“Terima kasih atas informasinya dan kita akan mencari solusi,”ujarnya.(andi krc)

sb : kabarrohil

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar